Wisata Suban Air Panas Di Bengkulu

Wisata Suban Air panas ini merupakan salah satu tempat wisata yang menyenangkan.

Wisata ini terletak 6 KM dari kota Curup dan menjadi salah satu wisata unggulan di Propinsi Bengkulu Rejang Lebong lebih tepatnya.

Yang di tawarkan adalah air terjun yang indah, jernih dan dingin dengan ketinggian mencapai 90 Meter.

Di sini, terdapat dua buah peningalan Suku Rejang yaitu Batu Megalitikum dengan lokasi berbeda. Batu pertama terdapat di bagian bawah. Batu megalitikum di lokasi pertama ini juga sering disebut dengan “Tri Sakti”. Seratus meter dari lokasi pertama, terdapat pula satu lagi batu megalitikum yang dikenal dengan nama “batu menangis” atau “Putri Selangkah”. Sedangkan Batu Menangis atau sekarang disebut “Putri Selangkah”, konon katanya dulu batu tersebut dijadikan tempat merenung dan menangis sang putri yang bernama Gemercik Emas yang tidak mau dijodohkan dengan Putra Gambir Melang yang merupakan putra Suku Rejang. Kenapa dikatakan sekarang ia Putri Selangkah, karena dahulu setiap putri tersebut hendak pergi ke arah empat penjuru mata angin baru selangkah putri itu berjalan, kemudian langsung menghilang dan telah sampai di tempat tujuan. Konon mitosnya orang-orang tertentu membawa sejumlah hewan peliharaan dan memotongnya untuk mendapatkan keberkahan dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Selain tempat sejarah, lokasi wisata Suban Air Panas juga memiliki fasilitas seperti tersedianya sumber air panas yang dipercayai dapat menyembuhkan berbagai penyakut kulit dan penyakit lainnya. Selain itu, di obyek wisata ini juga terdapat sebuah kolam renang yang cukup luas. Pengunjung di wisata ini juga dapat menikmati air terjun bercabang dua dengan ketinggian kurang lebih 90 meter.  Dilokasi ini terdapat kolam-kolam pemandian air panas yang disebut dengan suban lesung. Bentuk kolamnya memang sederhana, tetapi alam yang ada di sekitarnya sangat asri bersanding dengan tebing-tebing yang ditumbuhi peohonan. Dengan adanya perpaduan ini, suasana di kolam suban lesung sangat alami. Sumber air panas yang ada di kolam-kolam ini berasal dari mata air yang dialirkan melalui pipa-pipa atau bambu-bambu sehingga membentuk seperti pancuran.

Jumlah pengunjung ke obyek wisata Suban Air panas ini mencapai + 7500 orang/bulan dan untuk menuju obyek wisata alam Suban Air Panas tersebut tidaklah sulit karena jaraknya + 3 km dari jalan Negara, maka lokasi dapat dengan mudah diakses menggunakan kendaraan pribadi baik roda 2 maupun roda 4

Advertisements

One thought on “Wisata Suban Air Panas Di Bengkulu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s